Collaboration . Empowerment . Contribution

Berkeringat Sehat Bersama Cardio Ceria Jakarta

Berkeringat Sehat Bersama Cardio Ceria Jakarta

Kegemukan, kegendutan, kebanyakan lemak adalah masalah-masalah yang sering dikeluhkan oleh masyarakat, khususnya anak-anak muda. Mereka seakan tidak rela jika mereka dibilang gemuk atau sekedar terlihat gemuk. Bahkan yang lebih parah, fobia akan kegemukan menjadi masalah yang lebih serius. Di banyak kasus, mereka merasa kegemukan padahal faktanya tidak. Padahal body mass index mereka tergolong normal. Lantas banyak hal yang mereka lakukan, pertama adalah diet, kalau bisa diet super ketat. Tidak makan gula, tidak makan karbohidrat bahkan kalau bisa tidak makan apa-apa sama sekali ehehe. Yang kedua adalah berolahraga bahkan sampai rela harus bayar mahal untuk menjadi member di pusat kebugaran ternama. Namun, hasilnya kadang tidak maksimal. Godaan tongseng, soto, rawon, masakan Padang, masakan Sunda, fast food dan lainnya lebih menarik daripada melakukan 2 aktivitas yang tadi disebutkan. Hm, waktu terbuang percuma, begitu juga dengan uang. Ya kemudian yang merasa gemuk tetaplah gemuk, tidak ada perubahan kalaupun ada tidak signifikan. Hal serupa juga pernah melanda saya, itulah kenapa saya bisa bilang demikian.

 

Olahraga telah menjadi kebutuhan bagi masyarakat. Olahraga apa? Ya olahraga apa saja yang disukai mulai olahraga tanpa alat bantu misalnya lari sampai olahraga dengan alat bantu seperti sepak bola, gym dan sebagainya. Olahraga ini bahkan menjadi salah satu kebutuhan primer sebagian masyarakat lainnya. Mereka akan selalu mengalokasikan waktu untuk melakukan olahraga, sesibuk apapun hidup yang mereka punya. Di Jakarta, pilihan olahraga begitu banyak karena fasilitas olahraga dapat ditemui dimana-mana, mulai dari lapangan, jogging track, pusat kebugaran, sasana dan lainnya. Mulai dari olahraga yang berbayar sampai olahraga yang gratis tis tis. Olahraga gratis ini biasanya diorganisasikan oleh komunitas tertentu. Saya ikut serta dalam salah satu komunitas olahraga yang bernama Anak HIIT Jakarta yang juga disebut dengan Cardio Ceria Jakarta. Dari namanya sudah kelihatan ya, bahwa yang dilakukan adalah latihan kardio. Dari salah satu referensi yang say abaca bahwa dengan berlatih kardio secara rutin, maka dapat meningkatkan system kardiorespirasi yang meliputi kinerja jantung, paru-paru, dan pembuluh darah dalam menyerap oksigen yang disebarkan ke seluruh jaringan tubuh. Pada akhirnya hal ini akan meningkatkan metabolisme tubuh.

 

Manfaat lainnya adalah:

  1. Mencegah terserangnya penyakit jantung
  2. Mengurangi kadar lemak berlebih dalam tubuh
  3. Memberikan energi bagi tubuh
  4. Menghindarkan dari kejenuhan rutinitas
  5. Mencegah obesitas

 

‘Beberapa peserta Cardio Ceria Jakarta’

 

Cardio Ceria ini menyediakan kelas kardio secara gratis setiap Rabu malam dari pukul 19.00-21.00 WIB di Gelora Bung Karno, Jakarta Selatan. Dulu ketika awal saya bergabung, jumlah peserta setiap latihan mungkin sebanyak belasan orang. Namun saat ini jumlahnya makin banyak bisa mencapai puluhan orang. Walau yang ikut serta jumlahnya tidak menentu.

 

Lantas apa saja latihannya? Ya banyak dan bervariasi. Mulai dari latihan kaki dan tubuh bagian bawah lainnya, latihan perut, latihan dada, punggung, bisep, trisep dan lainnya. Kadang juga dilakukan yoga dengan menghadirkan yogi terkenal. Latihan ini gratis dan siapapun bisa ikut serta. Untuk pemula tidak perlu takut karena akan dipandu dari awal. Setiap sesi latihan selalu ada bagian pemanasan, bagian latihan inti dan bagian pendinginan. Jangan lupa untuk membawa minuman dan peralatan olahraga pendukung lainnya. Selain berkeringat sehat, di sini juga bisa menambah teman baru. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan follow instagram Cardio Ceria Jakarta berikut ini: https://www.instagram.com/anakhiit/



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *