Collaboration . Empowerment . Contribution

Bola, Bola, Bola, Bola: Sekali Sepak Bola, Ya Seterusnya Sepak Bola

Bola, Bola, Bola, Bola: Sekali Sepak Bola, Ya Seterusnya Sepak Bola

Kalau kamu ditanya, apa yang bisa mempersatukan Bangsa Indonesia? Tentu jawabannya adalah berbagai macam. Bisa jadi pemimpin yang adil, bisa jadi kesejahteraan sosial, bisa jadi partai politik, bisa jadi pemuka agama dan lainnya. Namun, saya mungkin punya jawaban lain yang berbeda yakni sepak bola. Ya, sepak bola menjadi olahraga paling populer tidak hanya di Indonesia namun juga di dunia. Kenapa sangat populer? Karena ada beberapa faktor menurut saya.

  • Pertama adalah sepak bola merupakan olahraga berjamaah. Bayangkan dalam sekali pertandingan ada 22 orang pemain di lapangan. Olahraga ini adalah olahraga sosial dan melibatkan kerjasama tingkat tinggi untuk bisa memenangkan pertandingan. Ya kita tau bahwa manusia adalah makhluk sosial, jadi jangan heran jika sepak bola, yang menurut saya mempresentasikan jati diri manusia ini, sangat digandrungi.
  • Kedua adalah bahwa olahraga ini adalah olahraga yang simpel, cukup ada bola dan tanah lapang sebagai syarat utama dan kamu sudah bisa bermain. Saya, yang berasal dari daerah pedesaan, sangat paham bahwa anak-anak sejak kecil sudah dikenalkan dengan olahraga ini di sekolah-sekolah atau lingkungan rumah dia tinggal. Pagi main bola, siang main bola, sore juga main bola. Jika tidak ada lapangan yang standar, maka tanah lapangpun jadi, gang jalapun jadi, lahan kebunpun jadi. Jika tidak ada bola karet, maka bola plastik pun jadi. Jika tidak ada sepatu, maka nyeker pun jadi. Semua bisa diakali sehingga banyak orang bilang bahwa sepak bola adalah olahraga yang mudah dan murah.
  • Ketiga adalah tentu karena media. Media selalu menempatkan sepak bola sebagai headline utama di berbagai pemberitaannya. Dan ini berlangsung selama puluhan tahun, sementara olahraga lainnya memiliki porsi pemberitaan yang relatif lebih sedikit.
  • Keempat adalah sepak bola dianggap sebagai media perubah nasib. Ada banyak sekali cerita inspiratif dari mereka atlet profesional yang hidupnya berubah drastis ketika mereka sukses berkarir di olahraga ini. Mereka yang menjadi pembawa inspirasi bagi masyarakat terutama anak-anak kecil bahwa sepak bola dapat mewujudkan impian mereka, dapat menjadi media untuk punya kehidupan yang lebih baik, menjadi terkenal dan lainnya.

 

 

Indonesia sendiri memiliki pasang surut di dunia persepakbolaan. Saya sendiri sangat jarang bermain bola dan bukana fans bola juga. Namun ketika ada pertandingan antar negara, Indonesia melawan negara lain, saya akan selalu sempatkan untuk menonton bahkan sampai selesai. Ya, sepak bola Indonesia mengalami banyak hal mulai dari prestasi sampai konflik, mulai dari munculnya bibit bibit baru potensial sampai tawuran antar supporter, mulai dari pembangunan stadion-stadion baru sampai sanksi pembekuan yang diberikan FIFA: ada banyak sekali hal pemberitaan. Namun kembali, olahraga ini tetap menjadi olahraga paling favorit di negeri ini.

 

Beberapa waktu lalu, saya sempat melihat pameran kartun tentang sepak bola yang diadakan di Bentara Budaya Jakarta. Ada banyak sekali karya-karya, sebagian besar adalah karya wartawan sepak bola berbagai media massa yang dipamerkan. Pameran ini berisi apresiasi, kritikan dan masukan agar sepak bola Indonesia menjadi lebih baik lagi. Berikut ini adalah beberapa dari karya dalam pameran tersebut.

 

Indonesia versus Malaysia

Di level Asia Tenggara, Malaysia menjadi salah satu pesaing utama Indonesia. Pertemuan di event sepak bola apapun pasti akan ramai. Sejatinya bukan hanya karena masalah siapa menang dan kalah namun juga tensi antar kedua negara yang kadang memanas seperti masalah klaim seni budaya, area perbatasan, masalah TKI dan lainnya.

 

No KoruPSSI

Beberapa waktu lalu, public terhenyak karena adanya skandal korupsi, pengaturan skor dan lain-lainnya yang melanda PSSI. Hal ini menyebabkan kepercayaan publik kepadanya menjadi menurun dan banyak yang mengira hal ini pula yang menjadi akar carut marutnya pengelolaan sepak bola di Indonesia termasuk jebloknya prestasi tim nasional Indonesia di kancah internasional.

 

Dukun Patah Tulang

Animo masyarakat akan bola sangatlah tinggi. Beberapa fans sepak bola bahkan punya rasa fanatisme yang sangat besar. Demi tim kesayangannya, apapun dilakukan mulai dari menggunakan kostum eksentrik ketika menonton timnya bertanding, dibela-belain datang ke daerah lain untuk menyaksikan laga tandang dan lain sebagainya. Di beberapa kesempatan, kecelakaan sering terjadi entah kecelakaan lalu lintas, tawuran atau lainnya.

 

World Cup versus Word Cup

Publik pasti ingat tentang perseteruan yang terjadi atas keabsahan pengurus PSSI yang dilakukan oleh banyak pihak. “Drama” tersebut menjadi tontonan khalayak ramai dan menjadi buah bibir banyak orang. Pihak-pihak yang terlibat saling adu debat dan kata-kata yang santer diberitakan oleh banyak media massa.

 

Jokowi dan Sepak Bola

Saya tidak terlalu ingat apakah dalam kampanye pilpres, Jokowi sempat menjanjikan perbaikan sepak bola Indonesia. Well, sebagai pemimpin baru negara ini, sangat wajar jika masyarakat banyak berharap bahwa dia mampu memberikan harapan baru bagi sepak bola Indonesia.

 

Dokter Bola

Berbagai permasalahan dihadapi oleh dunia sepak bola Indonesia, misalnya adanya pertikaian pengurus, dugaan korupsi, campur tangan politik, system kompetisi, pembibitan dan pembinaan dan masih banyak lagi. Semua masalah ini seperti membutuhkan dokter, tabib, atau sejenisnya yang mampu menyelesaikan masalah.

 

Poster Lainnya

Ada banyak sekali poster lucu-lucu lainnya yang isinya hiburan, kritik dan saran untuk dunia sepak bola Indonesia. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

 

Note: Maaf, saya tidak menyertakan siapa pembuat tiap poster dalam tulisan ini. Karena saya lupa mencatat.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *