Collaboration . Empowerment . Contribution

Indonesia Menanam: Serunya Perayaan Kemerdekaan dengan Menanam Pohon Bakau

Indonesia Menanam: Serunya Perayaan Kemerdekaan dengan Menanam Pohon Bakau

Komunitas Blacktrailers Indonesia berinisiatif mengajak para travelers untuk merayakan kemerdekaan Indonesia yang ke-71 dengan cara yang berbeda. Pada 17 Agustus 2016 yang lalu, beberapa anak muda urban Jakarta yang tergabung dalam komunitas Blacktrailers kemudian berbagi kebahagiaan dengan warga di desa Pantai Bahagia, kec. Muara Gembong, Kab. Bekasi pada hari libur nasional tersebut. Kegiatan ini dimulai dengan pertemuan di meeting point pukul 04.00 WIB. Kemudian para peserta diangkut oleh mobil elf menuju alun-alun Kabupaten Bekasi untuk bertemu para relawan Savemugo (Save Muara Gembong) — komunitas yang peduli terhadap permasalahan lingkungan di daerah pinggiran pantai Utara Jakarta. Selanjutnya kami bersama-sama berangkat menuju kantor kecamatan Muara Gembong. Seluruh perjalanan darat ini ditempuh selama kurang lebih 3,5 jam dan dilanjutkan dengan susur sungai Citarum menggunakan sampan motor. Setelah menikmati pemandangan di sepanjang sungai selama 30 menit, kami tiba di salah satu desa yang menjadi daerah dampingan Savemugo tersebut.

Acara ini merupakan bagian dari program Blacktrailers yang diberi nama Geocare dan Indonesia Menanam. Geocare adalah program yang bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian anak muda terhadap permasalahan sosial di sekitarnya. Sementara Indonesia Menanam diharapkan dapat meningkatkan kesadaran atau awareness masyarakat terhadap isu lingkungan sehingga Indonesia menjadi lebih lestari di masa yang akan datang.

Pada perayaan 17 Agustus yang lalu, para peserta diajak berinteraksi secara langsung dengan anak-anak di desa Pantai Bahagia. Acara ini bertempat di rumah baca Gema Nurani Nusantara. Sekitar 40 anak usia sekolah dasar dan taman kanak-kanak berpartisipasi dalam acara tersebut. Mereka terlihat sangat ceria merayakan kemerdekaan Indonesia dengan menyanyikan berbagai lagu nasional, deklamasi puisi kemerdekaan, serta mewarnai dan menceritakan kembali. Selain itu, kegiatan ini ditutup dengan kegiatan bernama “peta Indonesia indah”. Adik-adik dibagi menjadi 3 kelompok dan dipandu oleh 1-2 orang kakak. Mereka diajak berkeliling Indonesia dengan bekal peta tersebut. Melalui kegiatan seperti ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta dan nasionalisme mereka terhadap Indonesia.

 

‘Seseruan di antara daerah tambak di Muara Gembong’

 

Selama ini, komunitas savemugo telah memberikan bekal berbagai ketrampilan kepada masyarakat setempat yang disebut sebagai Pokdarwis atau Kelompok Sadar Wisata Muara Gembong. Menu makan siang yang dihidangkan merupakan masakan olahan ibu-ibu di desa yang tergabung dalam pokdarwis. Oleh karena itu, makan siang kali itu terasa lebih spesial karena ada tambahan hidangan berupa jus bakau. Kegiatan kelompok ini salah satunya adalah mengolah bakau menjadi dodol dan jus. Untuk kegiatan tanam bakau, bibit diperoleh dari petani lokal sehingga seluruh dana yang masuk diterima langsung oleh masyarakat setempat. Kelompok ini pula yang memandu kegiatan tanam bakau. Melalui kegiatan ini, kami juga menyalurkan donasi bibit bakau dari beberapa teman yang berhalangan hadir. Sebanyak 72 bibit bakau telah ditanam oleh para peserta dibantu oleh beberapa warga lokal yang tergabung dalam Podarwis Muara Gembong. Bakau-bakau itu diberi penyangga bambu agar dapat tumbuh dengan baik. Bambu tersebut juga berguna untuk mencegah tanaman bakau terbawa arus pasang air laut. Selain itu, bambu ini digunakan pula untuk memasang tanda nama orang yang berdonasi. Selembar banner ukuran mini itu disematkan pada masing-masing batang pohon bakau yang berisi nama dan harapan donatur.

Menanam bakau merupakan acara puncak dari perayaan 17 Agustus tersebut. Meskipun peserta harus masuk ke dalam lahan yang penuh air dan lumpur. Namun demikian, mereka terlihat sangat bahagia dan benar-benar senang melakukannya. Hal ini sesuai dengan tagline Indonesia Menanam: “Menanam dengan hati, seumur hidup berarti”. Semoga sedikit cerita ini dapat memberikan inspirasi agar semakin banyak orang yang sadar akan permasalahan sosial dan lingkungan di sekitarnya kemudian tergerak untuk memberikan aksi nyata bagi Indonesia tercinta. MERDEKA! 🙂

 

Note: Teman-teman bisa ikut acara Indonesia Menanam pada Agustus 2017 nanti serta dapat pula mengadopsi tanaman. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik di sini.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *